"Pendidikan manusia Indonesia seutuhnya; Pendidikan Akal, Pendidikan Hati, dan Pendidikan Jasad"

Materi

MATERI PAIBP KELAS IX
SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2022/2023


KI dan KD:

Optimis, Ikhtiar, dan Tawakal:
1.1     Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah 
          perintah agama.
2.1     Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
          az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 dan hadis terkait.
3.1     Memahami Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 tentang 
          optimis, ikhtiar, dan tawakal serta hadis terkait.
4.1.1 Membaca Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 dengan tartil.
4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 serta
         hadis terkait dengan lancar.
4.1.3 Menyajikan keterkaitan optimis, ikhtiar, dan tawakal dengan pesan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S.
         an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.

Iman kepada Hari Akhir:

1.3 : Beriman kepada hari akhir.
2.3 : Menunjukkan perilaku mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada hari akhir.
3.3 : Memahami makna iman kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya.
4.3 : Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir.


Mengasah Pribadi yang Unggul dengan Tata Krama, Santun, dan Malu

1.7 : Meyakini bahwa berbakti dan taat tata krama, sopan santun, dan rasa maluajaran pokok agama.
2.7 : Menunjukkan perilaku dengan tata krama, sopan santun, dan rasa malu.
3.7 : Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu.
4.7 : Menyajikan contoh perilaku tata krama, sopan-santun, dan rasa malu.


Zakat Fitrah dan Zakat Mal

1.8 : Melaksanakan zakat sesuai dengan ketentuan syari’at Islam.
2.8 : Menunjukkan perilaku taat dan peduli sebagai hikmah dari ketentuan zakat.
3.8 : Memahami ketentuan zakat.
4.8 : Mempraktikkan ketentuan zakat.

Memahami Sejarah Perkembangan Islam Nusantara

1.12 : Meyakini bahwa berkembangnya Islam di Nusantara sebagai bukti Islam rahmatan li al-‘alamin
2.12 : Menunjukkan perilaku cinta tanah air sebagai implementasi dari mempelajari sejarah perkem-bangan Islam di Nusantara.
3.12 : Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
4.12 : Menyajikan rangkaian sejarah perkembangan Islam di Nusantara.


MATERI PAIBP KELAS IX
SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2022/2023


KI dan KD:

TOLERANSI DAN MENGHARGAI PERBEDAAN:
1.2 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa toleransi dan menghargai perbeda-an adalah perintah agama.
2.2 Menghayati perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Hujurāt/49: 13.
3.2 Memahami Q.S. al-Hujurāt/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Hadis terkait.
4.2.1 membaca Q.S. al-Hujurat/49: 13 dengan tartil.
4.2.2 menunjukkan hafalan Q.S. al-Hujurat/ 49: 13 serta Hadis terkait dengan lancar.
4.2.3 menyajikan keterkaitan toleransi dan menghargai perbedaan dengan pesan Q.S. al-Hujurat/ 49: 13


Kuis Part 1 (Hormat kepada Ortu dan Guru)

Kuis Part 2 (Hormat kepada Ortu dan Guru)

Kuis (1. Jujur dan Menepati Janji)

Kuis (2. Jujur dan Menepati Janji)

Kuis (Optimis, Ikhtiar, dan Tawakkal)

Kuis (Iman kepada Hari Akhir)

TTS Materi Iman kpd Qada' & Qadar

Postingan Unggulan

KUIS (Materi Zakat)

https://quizizz.com/embed/quiz/636858fe5ba125001d6d7afc