MATERI PAIBP KELAS IXSEMESTER GASALTAHUN PELAJARAN 2022/2023
KI dan KD:
Optimis, Ikhtiar, dan Tawakal:1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah
perintah agama.
2.3 : Menunjukkan perilaku mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada hari akhir.
3.3 : Memahami makna iman kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya.
4.3 : Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir.
2.7 : Menunjukkan perilaku dengan tata krama, sopan santun, dan rasa malu.
3.7 : Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu.
4.7 : Menyajikan contoh perilaku tata krama, sopan-santun, dan rasa malu.
2.8 : Menunjukkan perilaku taat dan peduli sebagai hikmah dari ketentuan zakat.
3.8 : Memahami ketentuan zakat.
4.8 : Mempraktikkan ketentuan zakat.
2.12 : Menunjukkan perilaku cinta tanah air sebagai implementasi dari mempelajari sejarah perkem-bangan Islam di Nusantara.
3.12 : Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
4.12 : Menyajikan rangkaian sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
2.1 Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 dan hadis terkait.
3.1 Memahami Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 tentang
optimis, ikhtiar, dan tawakal serta hadis terkait.
4.1.1 Membaca Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 dengan tartil.
4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 serta
hadis terkait dengan lancar.
4.1.3 Menyajikan keterkaitan optimis, ikhtiar, dan tawakal dengan pesan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S.
an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
Iman kepada Hari Akhir:
1.3 : Beriman kepada hari akhir.2.3 : Menunjukkan perilaku mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada hari akhir.
3.3 : Memahami makna iman kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya.
4.3 : Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir.
Mengasah Pribadi yang Unggul dengan Tata Krama, Santun, dan Malu
1.7 : Meyakini bahwa berbakti dan taat tata krama, sopan santun, dan rasa maluajaran pokok agama.2.7 : Menunjukkan perilaku dengan tata krama, sopan santun, dan rasa malu.
3.7 : Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu.
4.7 : Menyajikan contoh perilaku tata krama, sopan-santun, dan rasa malu.
Zakat Fitrah dan Zakat Mal
1.8 : Melaksanakan zakat sesuai dengan ketentuan syari’at Islam.2.8 : Menunjukkan perilaku taat dan peduli sebagai hikmah dari ketentuan zakat.
3.8 : Memahami ketentuan zakat.
4.8 : Mempraktikkan ketentuan zakat.
Memahami Sejarah Perkembangan Islam Nusantara
1.12 : Meyakini bahwa berkembangnya Islam di Nusantara sebagai bukti Islam rahmatan li al-‘alamin2.12 : Menunjukkan perilaku cinta tanah air sebagai implementasi dari mempelajari sejarah perkem-bangan Islam di Nusantara.
3.12 : Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
4.12 : Menyajikan rangkaian sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
MATERI PAIBP KELAS IXSEMESTER GENAPTAHUN PELAJARAN 2022/2023
KI dan KD:
TOLERANSI DAN MENGHARGAI PERBEDAAN:
1.2 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa toleransi dan menghargai perbeda-an adalah perintah agama.
2.2 Menghayati perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Hujurāt/49: 13.
3.2 Memahami Q.S. al-Hujurāt/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Hadis terkait.
4.2.1 membaca Q.S. al-Hujurat/49: 13 dengan tartil.
4.2.2 menunjukkan hafalan Q.S. al-Hujurat/ 49: 13 serta Hadis terkait dengan lancar.
4.2.3 menyajikan keterkaitan toleransi dan menghargai perbedaan dengan pesan Q.S. al-Hujurat/ 49: 13